5 Cara Mudah Belajar Calistung Pada Anak Sebelum Masuk Sekolah Dasar

Mengajarkan baca, tulis dan hitung sebelum masuk sekolah dasar masih menuai pro dan kontra. Secara psikologis usai anak sebelum masuk sekolah adalah usia bermain. Dimana mereka belajar mengenal lingkungan dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

Cara Mudah Belajar Calistung

Namun disisi lain para orang tua merasa risau jika sebelum masuk Sekolah Dasar anaknya belum pandai membaca, menulis dan berhitung. Kerisauan tersebut karena bacaan anak ketika menginjak sekolah Dasar bukan lagi bacaan seperti zaman orang tuanya dulu. Mungkin masih ingat dengan kalimat " Ini Budi dan ini Nani". Saat ini mungin sudah tidak kita temukan lagi buku Sekolah Dasar yang memuat tentang kalimat-kalimat pendek seperti itu.

Buku kelas 1 Sekolah Dasar sudah berisi bacaan lengkap dimana anak harus langsung membaca tanpa mengeja. Disinilah orang tua ataupun guru  dituntut untuk kreatif  menemukan  bagaimana cara mudah belajar calistung pada anak tanpa mengganggu hak mereka di usianya. Sehingga anak tidak merasa sedang belajar ketika ibu atau guru sedang mengajarnya calistung. Berikut adalah  cara mudah belajar calistung  yang bisa orang tua atau guru lakukan

1. Berhitung atau melafalkan abjad sambil bernyanyi

Setiap anak pasti suka menyanyi, mereka akan sangat mudah mengingat lagu yang mereka dengar. Maka orang tua ataupun guru sebaiknya memanfaatkan momen tersebut. Berhitung atau melafalkan abjad dengan benyanyi bisa dijadikan cara mudah belajar calistung bagi anak pra sekolah. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja bahkan ketika dalam perjalanan. Mengajak anak bernyanyi sambil belajar akan menghindari mereka dari lagu-lagu dewasa yang sedang melanda anak-anak saat ini. Lagu dewasa yang memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak.

2. Menempelkan abjad atau angka di tempat yang sering dilihat

Cara mudah belajar calistung untuk anak pra sekolah salah satunya adalah mengenalkan huruf atau abjad namun tidak terkesan belajar. Cara yang bisa dilakukan adalah sering memperlihatkan angka ataupun huruf sehingga dengan sendirinya mereka akan hapal apa yang mereka lihat.  Maka mulailah menempelkan stiker angka atau huruf di kamar  atau tempat yag sering mereka dilihat.

3. Berlomba mencari huruf

Usai anak adalah masa bermain, maka manfaatkan kesempatan ini untuk mengajak anak belajar sambil bermain. Berlomba mencari huruf adalah cara mudah belajar calistung untuk anak.Guru ataupun orang tua mengumpulkan semua huruf kemudian sembunyikan huruf tersebut ajak anak untuk mencari huruf sesuai yang kita minta

4. Berhitung lewat cerita

Anak-anak akan sangat berantusias jika disuguhkan cerita apalagi ketika menggunakan media. Maka ajak mereka bercerita lalu sisipkan hitungan di dalam cerita tersebut. Misalnya si kelinci memiliki 5 ekor anak dua ekor anaknya bermain di hutan coba tebak berapa anaknya yang masih di bersama ibunya?
Selain itu guru atau orang tua bisa menggunakan bonek jari sehingga mereka bisa langsung berhitung

5. Menebak angka

Kegiatan bersama antara orang tua dan anak bisa dijadikan pembelajaran. Anak tidak akan merasa tertekan dan belajar terkesan bermain. Cara mudah belajar berhitung calistung lainnya adalah
dengan bermain tebak angka. Siapkan beberapa kartu angka ajak anak menebak kartu yang ditunjukkan lakukan permainan ini secara bergantian. Bahkan guru atau orang tua bisa langsung mengajak anak untuk belajar penambahan dan pengurangan dalam permainan tebak angka

Semoga artikel cara mudah belajar calistung bagi anak ini memberikan inspirasi bagi pembaca. Sehingga kita tidak merampas hak anak di usianya dan anak masih tetap bisa belajar sambil bermain.
   

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " 5 Cara Mudah Belajar Calistung Pada Anak Sebelum Masuk Sekolah Dasar"

  1. Wah sangat bermanfaat nih mba

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilah terima kasih mas mayuf semoga kita bisa mempraktikkan ya

    ReplyDelete

Mohon untuk bijak dalam berkomentar