5 Jenis Makanan Tradisional Khas Sunda yang Masih Menjadi Favorit

Sungguh sangat beruntung bisa tinggal di tanah sunda satu kota di jawa barat. Keadaan alamnya yang masih asri juga kebersamaan penduduk dan budaya gotong royong yang masih dijunjung tinggi.
Tanah sunda tidak hanya terkenal dengan keadaan alam ataupun wisatanya. Bagi pecinta kuliner makanan tradisional khas sunda menjadi salah satu primadona tanah sunda.

Banyak sekali makanan tradisional khas sunda yang hingga kini masih dilestarikan bahkan bisa ditemui di kota-kota besar, menjadi salah satu makanan favorit wisatawan domestik
dan luar negeri. Makanan tradisional khas sunda tidak hanya memanjakan lidah namun rempah dan bahan yang digunakan memiliki khasiat untuk kesehatan. Keunikan dari makanan trasional
khas sunda adalah dari satu bumbu bisa divariasikan menjadi beberapa menu makanan, tentunya dengan cita rasa yang khas dan berbeda. Inilah 5 makanan khas tradisional sunda yang menjadi
favorit, mungkin salah satunya adalah makanan favorit kita.

Makanan tradisional khas sunda


1. Batagor

Siapa yang tidak kenal dengan batagor, makanan tradisional khas sunda ini menjadi salah satu makanan favorit dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Bahkan kini batagor tidak hanya dinikmati dengan bumbu kacang tetapi batagor bisa dinikmati dengan kuah sehingga dikenal dengan batagor kuah. Tidak sulit mencari  penjual batagor karena makanan ini sering dijual di pinggir jalan, kafe hingga restauran.

2. Nasi liwet

Nasi liwet salah satu makanan tradisional khas sunda yang tidak asing lagi. Membuatnya pun tidak terlalu sulit hampir sama seperti ketika kita menanak nasi. Hanya saja nasi liwet ditambahkan
beberapa rempah, garam, penyedap rasa bahkan ada yang menambahkan santan. Rempah-rempah seperti daun salan, sirih juga bawang merah dan bawang putih inilah yang memberikan rasa khas nasi liwet. Biasanya nasi liwet disajikan diatas daun ketika makan bersama jangan lupa sebagai pelengkap nasi liwet disajikan bersama ikan asin, tahu, tempe dan lalap.  Nasi liwet jadi  andalan menu utama ketika acara berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

3. Karedok dan lotek

Bagi vegetarian karedok bisa dijadikan makan favorit, bisa disajikan sebagai teman nasi. Beragam campuran sayuran seperti kol, kacang panjang, labuh, terong dipotong kecil dicampurkan  dengan bumbu kacang. Karedok biasanya dinikmati ketika makan siang. Jika karedok disajikan ketika sayurannya mentah maka lain halnya dengan lotek. Makanan tradisional khas sunda ini sayuran yang disajikan dalam keadaan matang bisa dikukus ataupun direbus. Sayuran yang telah dipotong dan matang kemudian dicampurkan dengan bumbu kacang. Bahkan akan lebih lezat jika karedok atau lotek ditaburi kerupuk ditampah telor rebus, tahu atau tempe goreng.

4. Combro dan misro

Makanan tradisonal khas sunda yang berbahan utama singkong adalah combro atau misro. Kenapa diberi nama comro dan misro?
Inilah kreatif orang-orang sunda yang untuk memberi nama makanan tradisionalnya. Combro itu berasal dari singkatan "oncom dijero" atau dalam bahasa indonesa "oncom di dalam" sedangkan misro berasal dari singkatan "amis dijero" dalam bahasa indonesia memiliki makna "manis didalam''.
Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, singkong diparut kemudian diisi dengan oncom atau gula merah selanjutnya dibentuk bulat lalu digoreng.

5. Sayur asem

Makanan tradisinal khas sunda yang tidak kalah populer adalah sayur asem. Jika ditambah dengan ikan asin dan sambal sudah pasti akan menambah selera makan. Sayur asem terdiri dari beberapa jenis sayuran diambah sedikit asem dan gula jawa. Tidak sedikit rumah makan yang menjadikan makanan khas ini sebagai menu utama.

Jika anda mengaku orang sunda pasti sudah mencicipi salah satu makanan tersebut. Jika anda wisatawan yang berencana mengunjungi tanah sunda jangan lupa mencicipi makanan tradisional khas sunda

Baca Juga :resep-sop-jagung-manis-suir-ayam-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Makanan Tradisional Khas Sunda yang Masih Menjadi Favorit"

Post a Comment

Mohon untuk bijak dalam berkomentar