7 Cara Sederhana Untuk Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

Mendisiplinkan anak sejak dini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Orang tua harus mendampingi, membimbing dan siap menjadi guru bahkan sumber pertanyaan juga penjelasan dari buah hati. Jika usai balita  dan masa anak-anak adalah masa bermain  hal itu adalah sebuah pernyataan yang tepat. Namun, bukan berarti anak bebas bermain dan tidak memiliki aturan.
Kedisiplinan harus tetap dikenalkan pada anak sekalipun masih balita. Tentunya secara bertahap sesuai dengan usia mereka. Orang tua harus menjadi partner yang solid dalam medisiplinkan anak sejak dini.
Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

Jika keduanya memiliki pemahaman dan pandangan yang berbeda maka si kecil akan kebingungan. Dan tentu saja sesuai fitrah dan usianya dia akan lebih memilih hal-hal yang sangat menyenangkan.
Oleh karena itu ketika mendisiplinkan anak sejak dini orang tua harus terlebih dahulu menyamakan visi dan misi sehingga keduanya sejalan dan memiliki sebuah tujuan yang sama. Mendisiplinkan anak sejak dini bisa dimulai dari hal-hal yang kecil sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang kelak akan membentuk kedisiplinan pada anak hingga dewasa nanti

Baca Juga : manfaat budaya disiplin bagi anak

1. Membiasakan bangun pagi

Jika anak-anak memasuki usia sekolah di Taman Kanak-Kanak ataupun Sekolah Dasar maka membiasakan bangun pagi adalah aktivitas yang harus dilakukan. Namun, sebagian orang tua kadang merasa kasihan ketika si kecil lelap tertidur apalagi jika cuaca hujan. Mendisiplinkan anak sejak dini dengan membiasakan bangun pagi adalah langkah awal yang tepat karena anak akan terbiasa bangun pagi hingga dewasa. Anak sulit bangun pagi adalah salah satu keluhan sebagian orang tua. kebiasaan bangun telat akan membuat kegiatan terhambat

2. Membereskan mainan setelah bermain

Jangan selalu menganggap anak sebagai king dan queen. Ajak anak untuk bertanggung jawab sesuai dengan usia dan kemampuannya. Mendisiplinkan anak sejak dini bisa dilakukan dengan membimbing mereka untuk membereskan mainan setelah bermain. Jangan biarkan mereka membiarkan mainan berserakan dan meninggalkannya begitu saja. Mengajaknya membereskan maianan adalah contoh kecil cara mendisiplinkan anak sejak dini.

3. Membiasakan makan di rumah

Tanpa disadari kadang orang tua sendiri yang perlahan mengikis kedisiplinan salah satunya adalah membiasakan menyuapi anak di luar rumah sambil bermain atau mengobrol dengan tetangga sebelah. Hal ini akan membuat anak berasumsi bahwa ini adalah sebuah kebiasaan yang benar. Sehingga setiap waktunya makan, ibu akan menguapi anak di luar agar anak mau makan. Hindari pembiasaan kecil  yang dapat menghambat tujuan orang tua dalam mendisiplinkan anak sejak dini. Maka biasakanlah mereka untuk makan di rumah

4. Menyimpan sesuatu  pada tempatnya

Pernah mendengar anak-anak berteriak bahkan menangis karena lupa menyimpan sesuatu?
atau ketika sepatu, kaos kaki seragam berserakan sepulang sekolah?
Ini adalah kebiasaan yang mungkin sering dilakukan anak. Mereka akan merasa benar dan melakukan hal yang sama jika orang tua membiarkan dan tidak membimbingnya. Maka mulailah mengajak untuk menyimpan kembali barang pada tempat. Pembiasaan ini akan membantu orang tua dalam mendisiplinkan anak sejak dini.

5. Mengenalkan manageman waktu

Jangan pernah bilang bahwa manageman waktu hanya miliki orang dewasa. Untuk mendisiplinkan anak sejak dini salah satunya adalah mengenalkan mereka manageman waktu. Sehingga anak memiliki acuan waktu kapan mereka harus belajar, bermain dan istirahat. Memanageman waktu sebaiknya diterapkan sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Aktivitas  ini diharapkan agar anak lebih memanfaatkna waktunya dengan baik.

6. Membudayakan antri

Antrian di bank, antrian di rumah sakit ataupun antrian ketika mengambil tiket seperti hal sepele hanya duduk menunggu. Bahkan ada orang tua yang menyuruh anaknya menerobos menyelinap agar berada di antrian paling depan, pernah melakukan hal yang sama?
Jika pernah cukup hanya pada waktu itu saja jangan pernah mengulanginya lagi. Membudayakan antri adalah cara mendisiplinkan anak sejak dini yang harus dilakukan orang tua. Hanya sebuah antrian orang tua bisa menerangkan pada anak bahwa hidup itu membutuhkan kesabaran hingga menunggu giliran. Hidup itu harus pintar mengatur waktu agar tidak telat dan berada di antrian depan, manfaatkan waktu ketika waktu menunggu

7. Membiasakan menjaga tata krama

Seseorang yang pintar sekalipun tidak akan membuat orang lain nyaman jika tidak pandai menjaga sikap. Mendisiplinkan anak sejak dini tidak hanya sebatas manageman waktu dan aktivitas lainnya.
Menjaga sikap pun harus diterapkan sedini mungkin. Sehingga anak akan terbiasa hidup menghormati dan menghargai orang lain.

Mendisiplinkan anak sejak dini adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh orang tua. Jangan sampai anak  dituntut untuk pintar membaca namun sulit bangun pagi. Anak dituntut jago matematika
namun tidak pandai mengatur waktu. Biarkan semuanya berjalan beriringan sehingga mencapai sebuah tujuan. Jadilah orang tua bijak yang menasehati dan mendisiplinkan anak sejak dini dengan hati dan kasih sayang, bukan dengan teriakan, bentakan apalagi pukulan.

Baca Juga : penyebab anak menjadi pelaku atau korban bullying

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Cara Sederhana Untuk Mendisiplinkan Anak Sejak Dini"

Posting Komentar

Mohon untuk bijak dalam berkomentar