7 Tips Jitu Ketika Penulis Menghadapi Writer's Block

Sudah menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop atau komputer. Namun seperti kehilangan kata untuk ditulis dan kalimat untuk dirangkai. Bahkan tak ada satupun ide yang muncul untuk dituangkan dalam tulisan.



Tips Jitu Menghadapi Writer's Block

Hampir semua penulis pernah mengalami kondisi ini. Kondisi dimana penulis menemukan kebuntuan ketika menulis, kondisi ini dikenal dengan istilah writer's block. Mungkin jika sesekali terjadi tidak menjadi masalah karena hal in wajar.
Setiap aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang bahkan sudah menjadi aktivitas sehari-hari pasti menemukan kejenuhan. Namun jangan sampai berlangsung dalam waktu lama, inilah 7 tips jitu menghadapi writer's block bagi penulis

1. Berhenti menulis

Jangan paksakan menulis jika sudah merasa jenuh dan tidak memiliki ide untuk dituangakan dalam   tulisan. Berhenti menulis bisa dijadikan salah satu tips jitu menghadapai writer's block yang dialami penulis.
Berhenti sejenak dari aktivitas menulis, menutup laptop kemudian melakukan kegiatan lain atau beristirahat. Jika terus dipaksakan  menulis mungkin penulis akan mengalami stres, kelelahan dan akan membutuhkan waktu lama untuk menulis dari biasanya

2. Jalan-jalan

Jalan-jalan bisa dijadikan tips jitu menghadapi writer's block, ketika tidak mampu lagi mencari inspirasi untuk menulis. Jalan-jalan meskipn hanya di depan rumah atau menemani si kecil bermain.
Perubahan suasana dan tempat bisa jadi memberikan ide menulis. Karena kita akan melihat hal-hal baru yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan tulisan kita.

3. Menonton

Siapa yang tidak suka menoton?
Hampir semua orang suka dengan kegiatan ini, ternyata menonton bisa dijadikan sebagai tips jitu menghadapi witer's block. Ketika kita menonton sudah pasti akan melihat bahkan merasakan kondisi
dalam tontonan tersebut. Sedih, senang, kesal bahkan kita akan termotivasi dari tontonan tersebut. Inilah yang bisa memunculkan ide kreatif yang bisa kita jadikan sebagai bahan tulisan

4. Membaca

Tidak mampu menuangkan kata dalam tulisan bisa jadi karena kita hanya mengetahui sedikit informasi. Oleh karena itu membaca bisa dijadikan salah satu tips jitu menghadapi writer's block. Ada informasi baru yang kita peroleh ketika membaca. Semakin kita rajin membaca maka kita akan semakin tahu banyak informasi, akhinya semakin banyak ide yang bisa dituangkan dalam tulisan

5. Sharing

Sharing is caring, ketika kita menemukan kebuntuan dalam menulis maka share dengan teman-teman bisa dijadikan sebagai tips jitu menghadapi writer's block. Mendengar cerita mereka siapa tahu ada cerita menarik dibalik kisahnya, ada pembelajaran berharga dalam sejarah hidupnya yang memotivasi kita untuk menuliskannya. Share dalam komunitas menulis  seputar masalah yang kita alami ketika menulis tentunya akan memberikan pencerahan bagi kita.

6. Daur ulang tulisan

Jika sudah buntu tidak juga menemukan ide untuk ditulis, maka baca ulang kembali tulisan kita sebelumnya kemudian daur ulang tulisan tersebut. Tentunya dengan gaya penulisan yang berbeda bisa sedikit menambahkan ataupun mengurangi isi tulisannya. Daur ulang tulisan akan membantu kita menemukan ide untuk menulis

7. Blog Walking

Blog walking biasanya bisa dijadikan tips jitu menghadapi writer's block. Mengunjungi blog teman-teman, mempelajari tulisan ataupun tampilan blognya akan memberikan kita inspirasi untuk menulis.
Jangan lupa meninggalkan jejak ketika melakukan blog walking misalnya dengan memberikan komentar positif, saran ataupun pendapat.
 
Itulah tips jitu menghadapi writer's block bagi penulis, semoga menginspirasi pembaca untuk terus konsisten menulis. Karena tak ada masalah tanpa solusi termasuk ketika penulis menghadapi writer's block. Terus berkarya lewat tulisan untuk menyebar sebuah kebaikan. 

Semangat menulis!

Baca juga : Inilah 5 Penyebab Anak Agresif
   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Jitu Ketika Penulis Menghadapi Writer's Block"

Posting Komentar

Mohon untuk bijak dalam berkomentar