Inilah 5 Alasan Ibu Rumah Tangga Harus Mandiri Secara Finansial


Menjadi ibu rumah tangga sudah pasti predikat yang tidak bisa lepas dari seorang wanita ketika sudah menikah. Mengerjakan setumpuk pekerjaan rumah, mengasuh dan mendidik anak menjadi rutinitas yang tidak bisa dipisahkan. Namun, di tengah kesibukannya ternyata ada banyak ibu kreatif, para ibu rumah tangga yang mampu mandiri secara finansial. Mereka bisa menghasilkan meskipun di rumah, salah satunya dengan memanfaatkan gadget dan internet



Ibu Rumah Tangga Mandiri Finansial

Ibu rumah tangga mandiri finansial adalah mereka yang pandai mengelola waktu senggangnya untuk hal yang produktif. Ibu rumah tangga tidak selamanya sibuk sepanjang waktu, ada kalanya si kecil
tidur ataupun sekolah dan suami bekerja. Momen inilah yang bisa dimanfaatkan oeh para ibu untuk mewujudkan ibu rumah tangga mandiri finansial. Wanita memang tidak memiliki kewajiban mencari nafkah karena sudah ada suami sebagai tulang punggung keluarga.

Namun, jangan biarkan pendapat tersebut menjadi alasan untuk para ibu berhenti berkreatifitas dan menuangkan ide hebatnya. Meskipin tidak harus bekerja  kantoran tapi mereka bisa berkreatifitas di rumah. Bahkan tidak sedikit para ibu ruma tangga yang memiliki penghasilan diatas rata-rata dengan bekerja di rumah.Membuat suatu produk tertentu, mendirikan rumah belajar ataupun menciptakan pekerjaan lain yang sesuai passionnya. Ada beberapa alasan yang membuat ibu rumah tangga mandiri secara finansial

1. Mengantisipasi ketika terjadinya perpisahan

Setiap pernikahan sudah pasti mendambakan kebersamaan dengan pasangan hingga akhir hayat memisahkan, mengarungi bahtera rumah tangga bersama. Namun, keinginan kadang tak sesuai dengan harapan. Tidak sedikit janji suci pernikahan harus terpisah karena perceraian ataupun karena pasangan meninggal dunia. Inilah hal terpahit yang harus dipertimbangkan para ibu, ketika perpisahan itu terjadi maka mau tidak mau mereka harus mandiri. Menjadi ibu rumah tangga mandiri finansial adalah salah satu antisipasi  ketika keadaan memaksa kita sebagai wanita untuk berdiri tanpa sandaran hati.

2. Membantu perekonomian suami

Sekali lagi tidak ada kewajiban bagi istri untuk mencari nafkah. Namun, jika ada waktu dan kesempatan maka ibu rumah tangga bisa memanfaatkannya. Menjadi ibu rumah tangga mandiri finansial bisa membantu perekonomian keluarga. Saat suami di PHK, ketika usahanya bangkrut atau suami sakit. Maka kreatifitas dan kerja keras istri akan sangat membantu perekomnomian keluarga. Suami istri saling membantu mengatasi masalah ekonomi, sehingga tidak hanya suami yang menanggung beban tersebut. Sekiranya istri memiliki waktu, kesempaan dan kesehatan untuk melakukannya mengapa tidak untuk mencoba dengan niatan ibadah.

3. Memanfaatkan waktu lebih produktif

Memanfaatkan waktu ketika anak tidur ataupun sekolah dengan hal-hal yang bermanfaat dan menambah pengahasilan akan membentuk ibu rumah tangga mandiri fnansial. Ibu rumah tangga bisa mengembangkan ide dan kreatfitasnya. Apalagi saaat ini kecanggihan tekhnologi dan komunikasi sangat mendukung sehingga ibu rumah tangga bisa menghasilkan meskipun hanya di rumah.

4. Menumbuhkan semangat belajar

Ibu rumah tangga mandiri finansial sebenarnya menjadi harapan sebagian besar para ibu. Dari keinginan dan harapan inilah semangat belajar itu akan tumbuh. Agar kemampuannya terus bertumbuh dan berkembang maka ibu rumah tangga akan menggali ilmunya, menjadi gelas kosong yang siap diisi beragam ilmu untuk mengembangkan potensinya.

5. Mewujudkan keinginan untuk membeli sesuatu sendiri

Akan terasa berbeda ketika membeli sesuatu yang kita inginkan hasil keringat sendiri. Ada kebangaan dan kepuasaan ketika mendapatkannya. Ibu rumah tangga mandiri finansial akan merasakan hal itu.  Kita membeli sesuatu tanpa harus membebankan suami. Bahkan bisa memberikan hadiah kecil untuk suami dan anak.

    Namun, sesukses apapun wanita dan mampu mewujudkan ibu rumah tangga mandiri finasnial tetap saja keluarga adalah hal paling utama. Anak dan suami harus menjadi perhatian paling penting.
Karen apalah artinya jika kesuksesan tanpa diirngi dengan kebijakan dalam menata rumah tangga. Maka mulailah mengatur waktu dengan sebaiknya sehingga ibu rumah tangga bisa mewujudkan impiannya. Menjadi ibu rumah tangga mandiri finansial, istri yang solehah dan ibu yang bijak bagi anak-anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inilah 5 Alasan Ibu Rumah Tangga Harus Mandiri Secara Finansial"

Post a Comment

Mohon untuk bijak dalam berkomentar