Inilah 5 Penyebab Anak Agresif yang Harus Diketahui


Penyebab anak agresif pada umunya disebabkan akibat pengaruh lingkungan. Maka orang tua sebaiknya memilihkan lingkungan yang tepat untuk anak-anak. Tindakan agresivitas biasanya terjadi
pada anak usia lima tahun kebawah. Pada masa itu juga anak mengalami masa golden age, dimana dia akan lebih cepat menerima infromasi dan menirukan apa yang mereka lihat dengan mudah.

Penyebab Anak Agresif

Maka saat inilah peran orang tua sangat penting menemani tumbuh kembang anak apalagi jika anak memiliki tanda-tanda agresif. Anak dengan mudah melakukan kekerasana fisik ataupun verbal.
Biasanya tindakan agresif mereka hanya untuk mencuri perhatian orang di sekitarnya. Hal yang menjadi tanda tanya besar adalah apa yang menyebabkan anak melakukan tindakan agresif.
Inilah penyebab anak agresif yang wajib diketahui oleh orang tua dan orang sekitarnya

1. Ingin mendapatkan perhatian dari orang lain

Tindakan kekerasan fisik seperti memukul, mendorong ataupun menendang kepada teman ataupun orang disekitarnya bisa jadi untuk menarik perhatian. Misalnya mencubit adiknya agar perhatian ibu beralih padanya.Bekata kasar agar orang lain terfokus kepadanya untuk menasehati atau mendekatinya.

2. Keinginannya tidak terpenuhi

Penyebab agresif anak bisa terjadi karena keinginnany tidak terpenuhi. Anak dibawah usia lima tahun masih ada yang belum mampu berkomunikasi dengan baik.
Sehingga butuh waktu untuk memahami keinginannya. Jika oang tua, guru ataupun orang di sekitarnya tidak memahami keinginannya maka dia kana memeberontak

3. Kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua

Orang tua yang tidak memiliki pengawasan dan perhatian pada anak menjadi penyebab anak agresif. Orang tua membiarkan anak ketika mereka melakukan kekerasan misal menendang kaka atau adik di rumah. Orang tua tidak memberikan perhatian yang bijak bahkan membiarkannya karen dengan alasan usianya masih kecil. Hal inilah yang membuat anak merasa benar atas tindakan yang dilakukannya

4. Melihat orang tua yang melakukan kekerasan di rumah

Orang tua yang sering melakukan kekerasan terhadap anak di rumah menjadi penyebab anak agresif. Anak diperlakukan dengan kekerasan maka dia pun akan berbuat hal yang sama kepada orang lain
Apa yang dilihat oleh anak atau perlakukan orang tua terhadap anak maka dengan mudah anak akan menirunya.

5. Kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan anak

Sebagian orang tua telalu sibuk dengan urusannya sehingga tidak pernah terlibat dalam kegiatan anak. Sehingga anak tidak mendapatkan pengarahan langsung dari orang tua. Terlibatnya orang tua di salah satu kegiatan anak akan menumbuhkan kedekatan antara mereka sehingga kasih sayang itu semaki erat. Kekuatan kasih sayang inilah yang mampu melumpuhkan sifat agresif anak.

Setelah mengtahui penyebab sifat agresif pada anak maka orang tua sebaiknya berusaha memperbaikinya dan mencegahnya. Karena jika terus dibiarkan dan dimaklumi maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang keras dan pembangkang.

Baca Juga :  Cara Menangani Sikap Agresif  Pada Anak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Penyebab Anak Agresif yang Harus Diketahui "

Post a Comment

Mohon untuk bijak dalam berkomentar