Mengenal 5 Fungsi Buku Pengayaan Sekolah


Fungsi buku pengayaan sekolah adalah sebuah alasan siswa ataupun guru menggunakannya dalam kegiatan belajar. Buku-buku pengayaan tersebut bisa kita temukan di perpustakaan bahkan toko buku.
Apakah sekolahmu memiliki perpustakaan?
Buku apa yang sering kamu lihat di perpustakaan?

Fungsi Buku Pengayaan Sekolah

Sudah pasti beragam buku tersusun rapi di ruang perpustakaan sekolah. Namun, sebagian buku tersebut bukanlah buku teks sekolah yang biasanya digunakan untuk kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Buku-buku tersebut termasuk ke dalam buku pengayaan sekolah.
Buku pengayaan berbeda dengan  buku teks sekolah. Buku teks sekolah disusun berdasarkan indikator pembelajaran dan kurikulum yang berlaku pada saat itu. Sedangkan buku pengayaan tidak selalu mengacu pada kompetesnsi dasar pada mata pelajaran tertentu. 

Buku pengayaan disusun untuk mengembangkan sebuah materi lebih luas dan komprehensif. Namun keduanya memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Buku pengayaan sekolah banyak ditemukan di perpustakaan bahkan banyak sekali dijumpai di beberapa toko buku kota kita. Berikut adalah 5 fungsi buku pengayaan sekolah

1.      Sebagai penunjang buku utama

Setiap  pelajaran sudah pasti memiliki buku teks yang dijadikan sebagai media pembelajaran di kelas yang mengacu pada indikator dari komptenesi dasar dan kompetensi inti. Namun, tidak semua informasi yang siswa butuhkan ditemukan dalam buku teks sekolah. Maka fungsi buku pengayaan sekolah adalah sebagai penjunjang buku utama sehingga siswa akan lebih banyak mendapatkan informasi.

2.      Memuat sumber ilmu pengetahuan yang lebih luas

Beberapa buku pengayaan yang bisa kita temui misalnya ensiklopedia, biografi ataupun pendalaman materi akan memuat informasi yang lebih lengkap. Sehingga fungsi buku pengayaan sekolah mampu memuat sumber ilmu pengetahuan yang lebih luas yang dibutuhkan oleh siswa

3.      Menarik minat baca

Fungsi buku pengayaan sekolah adalah menarik minat baca. Biasanya beberapa buku pengayaan sekolah memiliki tampilan yang menarik misalnya buku pengayaan sekolah jenis cerita. Buku jenis ini menjadi buku favorit anak-anak. Karena bukan hanya berisi teks buku pengayan jenis cerita dilengkapi dengan ilustrasi gambar dan cerita yang menarik

4.      Mengeksplorasi materi pada pengetahuan tertentu

Buku pendalaman materi merupakan salah satu jenis buku pengayaan yang akan mengeksplorasi materi pada pengetahuan tertentu. Sehingga buku ini akan memberikan gambaran yang lebih luas tentang cakupan materi yang dibutuhkan oleh siswa.  

5.      Sebagai putunjuk dalam melakukan suatu percobaan atau kegiatan

Bagi siswa yang menyukai kegiatan eksperimen maka fungsi buku pengayaan sekolah adalah sebagai petunjuk dalam melakukan suatu percobaan ataupun kegiatan. Siswa akan dipandu tahap demi tahap untuk melakukan percobaan misalnya ketika mecoba meakukan percobaan mata pelajaran science.

Baca juga : Menyiapkan 7 Resolusi Ibu Rumah Tangga  di Tahun 2018
 
      Setelah mengetahui 5 fungsi buku pengayaan sekolah bagi siswa ataupun masyarakat. Kita akan lebih menyadari bahwa  buku teks dan buku pengayaan adalah sebuah media yang saling melengkapi dalam kegiatan belajar. Sehingga siswa akan mendapatkan informasi yang lebih luas, lengkap dan komprehansif. 
Selamat membaca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal 5 Fungsi Buku Pengayaan Sekolah"

Post a Comment

Mohon untuk bijak dalam berkomentar