Pentingnya Membangun 7 Pondasi Rumah Tangga

Membangun rumah tangga layaknya membangun sebuah rumah. Rumah akan berdiri karena memiliki pondasi yang kuat, pondasi yang akan menopang agar bangunan berdiri  tegak.
Ketika angin kecang dan hujan rumah akan tetap berdiri karena memiliki pondasi kuat. Bayangkan jika sebuah bangunan tidak memiliki pondasi kuat mungkin akan langsung runtuh ketika
diterjang angin atau porak poranda ketika terjadi gempa. Jika bangunan dibangun dengan pondasi kuat minimal masih mampu berdiri menahan sebuah goncangan.

pondasi rumah tangga

Lalu bagaimana dengan pondasi dalam sebuah rumah tangga?
Sama halnya dengan sebuah bangunan, pondasi rumah tangga harus dibangun agar rumah tangga yang akan kita bina 'mampu bertahan dari goncangan prahara rumah tangga.
Jika pondasi rumah terbuat dari material bangunan seperti semen, tanah dan bebatuan. Maka pondasi rumah tangga akan berdiri dengan 7 hal berikut ini

1. Kesetiaan

Kesetiaan adalah pondasi rumah tangga yang akan menciptakan kedamaian dalam sebuah rumah tangga. Banyaknya kasus perselingkuhan karena rusaknya kesetiaan dalam rumah tangga.
Jika suami dan istri sudah tidak saling setia maka pernikahan tetap bertahan hanya karena sebuah alasan misalnya karena buah hati mungkin cinta sudah sirna seiring hilangnya kesetiaan. Maka kesetiaan adalah pondasi rumah tangga yang harus selalu kokoh.

2. Kejujuran

Jangan pernah memulia sebuah ruamh tangga dengan kebohongan. Karena sekali berbohong maka akan mudah untuk melakukannya kembali. Pondasi rumah tangga yang kedua adalah kejujuran.
Sulit bagi kita untuk mempercayai seseorang jika sudah berbohng apalagi jika pasangan hidup kita. Tidak mungkin sebuah rumah tangga dibangun jika masih ada hal yang ditutupi. Kejujuran adalah pintu keberkahan dalam sebuah rumah tangga.

3. Satu visi dan misi

Setiap orang memiliki pendapat dan keinginan yang berbeda kita pun tidak mampu memaksanya. Namun, ketika membangun bahtera rumah tangga maka mau tidak mau kita harus memiliki
visi dan misi yang sama dalam mendidik anak, komitmen dan impian yang akan dicapai. Jika visi dan misi berbeda maka akan dibawa kemana akhir dari sebuah rumah tangga. Satukan visi dan misi
suami istri sehingga ketika menjalaninya sehingga tidak menciptakn banyak perbedaan yang akhirnya menimbulkan perselisihan.

4. Komunikasi

Pondasi rumah tangga yang tidak kalah penting adalah konunikasi. Seringkali masalah timbul karena jaranganya komunikasi antara suami dan istri sehingga menimbulkan kesalahpahaman.
Komunikasi bukan hanya ketika ada masalah saja. Namun keduanya harus memiliki waktu setiap hari minimal setengah jam untuk berkomunikasi sehingga keduanya memahani keinginan dan harapan satu sama lain.

5. Saling menghargai

Setiap manusia memiliki kekurangan tak ada yang sempurna, begitu pula dengan suami atau istri keduanya pasti memiliki kekurangan. Menghargai kekurangan masing-masing adalah podasi rumah tangga yang harus kita miliki. Saling menghargai setiap pekerjaan yang sudah dilakukan oleh pasangan hidup kita adalah salah satu cara menumbuhkan rasa cinta dan sayang keduanya.

6. Aturan dan komitmen menjalankannya

Komitmen sebaiknya dimiliki dalam kehidupan rumah tangga. Setiap rumah harus harus memiliki aturan dan berkomitmen untuk menjalankanya. Meskipun bukan sekolah ataupun kantor namun rumah adalah tempat anak-anak pertama belajar mau tidak mau rumah pun harus memiliki sebuah aturan yang jelas.

7. Mencintai proses

Rumah tangga yang dibina tidak selalu seindah yang dibayangkan. Kadang ada serangkaian proses yang harus dilalui untuk meraih sebuah kebagiaan. Maka mencintai proses adalah sebuah pondasi rumah tanggayang akan menjadi jembatan tercapainya sebuah kebahagian dan keinginan. Saling menguatkan dalam menjalani proses dalam rumah tangga akan membuat beban dan cobaan yang dihadapi lebih ringan.

Pondasi rumah tangga adalah pilar yang sebaiknya dibangun dalam membina sebuah rumah tangga. Jangan biarkan pondasi tersebut perlahan roboh ketika ada cobaan menerpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Membangun 7 Pondasi Rumah Tangga"

Post a Comment

Mohon untuk bijak dalam berkomentar