Inilah Kegiatan Ngabuburit Asyik dan Produktif Menambah Pahala Bahkan Pendapatan

Jalan-jalan di sore hari atau melakukan beragam kegiatan sambil menunggu adzan magrib berkumandang biasanya dikenal dengan istilah ngabuburit. Ngabuburit sering diidentikan dengan kegiatan jalan sore berburu kuliner untuk berbuka.  Banyak sekali pedagang dadakan yang hanya berjualan ketika Ramadhan saja menjajakan makanan khas Ramadhan di pasar bahkan pinggiran jalan. Sehingga kemacetan sering terjadi  waktu menjelang berbuka karena tidak sedikit orang yang rela berdesakan di pasar dan pinggir jalan hanya untuk membeli menu takjil sambil ngabuburit.

Ngabuburit asyik dan produktif

                                                        https://www.google.com

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan pahala, maka sebaiknya setiap waktu kita gunakan untuk hal positif untuk menambah keberkahan puasa kita.  Tidak ada salahnya sesekali ngabuburit  menjelang berbuka asal tidak setiap hari. Karena jika setiap hari waktu tidak produktif bahkan menguras kantong. Ramadhan kali ini kita mulai menjadikan ngabuburit asyik dan produktif. Kenapa produktif? karena bukan sekedar jalan-jalan di tengah keramaian, jadikan ngabuburit produktif ini sebagai kegiatan menambah pahala bahkan pendapatan. Apa saja kegiatan ngabuburit produktif ?

Membantu orang tua

Kegiatan bersama ayah atau ibu adalah salah satu cara membangun kedekatan dan saling memahami antara orang tua dan anak. Apalagi bagi anak-anak yang biasanya menghabiskan waktu di sekolah atau di pesantren.  Berbakti kepada orang tua adalah pintu keberkahan. Apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadhan. Tidak ada salahnya mengisi waktu menjelang magrib dengan membantu orang tua. Menyiapakan makanan untuk berbuka atau membantu pekerjaan orang tua ketika mereka mengais rezeki. Membantu orang tua ketika melakukan kebiasaan di bulan Ramadhan akan menjadi kenangan tersendiri yang akan selalu kita ingat. Membantu orang tua meskipun hanya di rumah akan menciptakan acara ngabuburit asyik dan produktif  karena momen ini akan selalu dirindukan. 

Mengikuti kajian di mesjid

Hampir setiap mesjid biasanya mengadakan kajian atau buka bersama. Kebetulan mesjid di sekitar komplek perumahan kami setiap hari mengadakan buka bersama. Biasanya acara ini digerakkan oleh para remaja sekitar komplek. Makanan untuk takjil  sudah dijadwalkan setiap rumah. Sehingga menjelang sore dikirim  ke mesjid. Ngabuburit asyik dan produktif yang dilakukan para remaja ini biasanya diisi dengan acara kultum, permainan dan tadarus bersama. Waaah, keren kan saat yang lain
sibuk jalan-jalan di keramaian sebagian anak muda ini meramaikan mesjid dengan ngabuburit asyik dan produktif penuh pahala dan karya

Mengembangkan hobi  bahkan bisa jadi bisnis
Setiap orang memiliki hobi,sambil menunggu beduk bertalu tidak ada salahnya memanfaatkan waktu ngabuburit dengan mengembangkan hobi apalagi jika hobi tersebut bisa dijadikan bisnis di bulan Ramadhan. Selain menjadikan ngabuburit menjadi lebih produktif, kegiatan ini bisa menambah pendapatan. Misalnya bagi kamu yang hobi nulis bisa nyicil satu dua lembar di sore hari. Bagi kamu yang hobinya buat kue, ini momemn yang tepat untuk memasarkan produk andalan ke orang sekitar. 
Bagi kalian yang suka pernak-pernik coba untuk membuat amplop lebaran. Berbekal bahan-bahan sederhana amplop lebaran akan diburu menjelang idul fitri

Membaca buku atau Al-quran 
Sebagian orang memiliki target untuk khatam Al-quran di bulan Ramadhan. Maka jadikan ngabuburit asyik dan  produktif salah satunya dengan membaca Al-Quran.  Jika dilakukan secara istikomah maka akan cepat mencapai target. Ngabuburit dengan membaca Al-Quran atau buku tidak hanya menambah pahala akan tetapi  akan menenangkan hati dan menambah wawasan.

Sesekali tidak ada salahnya ngabuburit dengan jalan-jalan sore memburu takjil untuk berbuka. Namun, tidak disarankan setiap hari karena akan banyak waktu terbuang dan membentuk pola hidup konsumtif. Karena sudah pasti ketika jalan-jalan dalam keadaan perut kosong rasanya semua makanan yang terlihat ingin dibeli. Padahl perut kita  tidak bisa menampung semua keinginan mata kita. So, mulailah menciptakan acara ngabuburit asyik dan produktif menambah pahala bahkan menambah pendapatan sesuai dengan cara kamu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Kegiatan Ngabuburit Asyik dan Produktif Menambah Pahala Bahkan Pendapatan"

Post a Comment

Mohon untuk bijak dalam berkomentar